Laporan Inovasi Daerah

Kembali

Pemerintah Kabupaten Majalengka

Nomor Registrasi : 3210-2021-225

1. PROFIL INOVASI

1.1. Nama Inovasi

MASRAJHA (MASKOT PATRIOT PAJAK RAHARJA)

1.2. Dibuat Oleh

bapenda

1.3. Tahapan Inovasi

Penerapan

1.4. Inisiator Inovasi Daerah

OPD

1.5. Jenis Inovasi

Non Digital

1.6. Bentuk Inovasi Daerah

Inovasi pelayanan publik

1.7. Covid 19

Non Covid 19

1.8. Urusan Inovasi Daerah

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key 38

Filename: beranda/detail_inovasi.php

Line Number: 20

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/beranda/detail_inovasi.php
Line: 20
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/lyt/beranda.php
Line: 50
Function: view

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/controllers/Beranda.php
Line: 108
Function: view

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Trying to access array offset on value of type null

Filename: beranda/detail_inovasi.php

Line Number: 20

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/beranda/detail_inovasi.php
Line: 20
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/lyt/beranda.php
Line: 50
Function: view

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/controllers/Beranda.php
Line: 108
Function: view

File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/index.php
Line: 315
Function: require_once

1.9. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

Bapenda Majalengka sejak triwulan kesatu tahun 2022 terus melakukan upaya optimalisasi
pendapatan daerah untuk mencapai target yang telah ditentukan di awal tahun 2022. Inovasi
yang diluncurkan Bapenda Majalengka merupakan upaya untuk mempermudah masyarakat
dalam memenuhi kewajiban pajaknya.
Tingginya mobilitas manusia menuntut cepat dan tepatnya pelayanan terhadap publik.
Penggunaan teknologi bukan menjadi hal mustahil bahkan menjadi suatu keharusan.
Pengembangan dan peningkatan inovasi berbasis teknologi informasi menjadi suatu keharusan
di era Revolusi Industri 4.0 sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan
terhadap publik. Upaya peningkatan pelayanan publik dalam pengelolaan pendapatan daerah
yaitu dengan melakukan optimalisasi pencapaian penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi dan komunikasi
digital.
Upaya peningkatan realisasi penerimaan pendapatan untuk mewujudkan kemandirian
fiskal diperlukan strategi dan taktik yang tepat dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Penjabaran strategi dan taktik dengan meluncurkan berbagai inovasi dan gagasan baru berbasis
teknologi informasi dengan harapan proses penyebarluasan informasi dan komunikasi dapat
dilakukan secara cepat, tepat, akurat, dan efisien. Inovasi dan gagasan baru tersebut bertujuan
agar optimalisasi dan peningkatan penerimaan pendapatan tercapai maksimal sehingga dapat
segera mewujudkan cita-cita Majalengka Raharja dan menjadi kabupaten yang mandiri secara
fiskal.

MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.

1.10. Tujuan Inovasi Daerah

MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.

1.11. Manfaat Yang Diperoleh

MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.

1.12. Hasil Inovasi

tingkat kesadaran masyarakat majalengka akan meningkat, sehingga dapat berimbas langsung terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),dan secara tidak langsung dapat meningkatkan Pembangunan yang ada di Kabupaten Majalengka

1.13. Waktu Uji Coba Inovasi Daerah

06 December 2021

1.14. Waktu Implementasi

23 December 2021

1.15. Anggaran

-

1.16. Profil Bisnis

-

1.17. Kematangan

88.00


Indikator Inovasi
No Indikator Inovasi Informasi Bukti Dukung
1. Regulasi Inovasi Daerah SK Kepala Perangkat Daerah SK KEPALA BADAN    
2. Ketersediaan SDM Terhadap Inovasi Daerah Lebih dari 30 SDM SDM    
3. Dukungan Anggaran - -
4. Penggunaan IT Pelaksanaan kerja secara manual/non elektronik PELAKSANAAN INOVASI    
5. Bimtek Inovasi Dalam 2 tahun terakhir pernah 2 kali bimtek BIMTEK    
6. Program dan kegiatan inovasi Perangkat Daerah dalam RKPD - -
7. Keterlibatan aktor inovasi Inovasi melibatkan 4 aktor KETERLIBATAN INOVASI DAERAH    
8. Pelaksana Inovasi Daerah Ada pelaksana dan ditetapkan dengan SK Kepala Perangkat Daerah SK PELAKSANA INOVASI DAERAH    
9. Jejaring Inovasi Inovasi melibatkan 5 Perangkat Daerah atau lebih SK JEJARING INOVASI    
10. Sosialisasi Inovasi Daerah Foto kegiatan berspanduk SOSIALISASI INOVASI    
11. Pedoman Teknis Telah terdapat Pedoman teknis berupa buku manual PEDOMAN TEKNIS    
12. Kemudahan Informasi Layanan Layanan Telp atau tatap muka langsung/noken KEMUDAHAN INOFRMASI    
13. Kemudahan Proses Inovasi Yang Dihasilkan Hasil inovasi diperoleh dalam waktu 1 hari SOP    
14. Penyelesaian Layanan Pengaduan ≥61% PENANGGULANGAN LAYANAN PENGADUAN    
15. Online Sistem Ada dukungan melalui web aplikasi KEMUDAHAN LAYANAN    
16. Replikasi - -
17. Kecepatan Inovasi Inovasi dapat diciptakan dalam waktu 1-4 bulan PROPOSAL INOVASI    
18. Kemanfaatan Inovasi Jumlah pengguna atau penerima manfaat 201 orang keatas KEMANFAATAN INOVASI    
19. Monitoring dan Evaluasi Inovasi Daerah Hasil laporan monev internal PD LAPORAN INOVASI    
20. Kualitas Inovasi Daerah Memenuhi 5 unsur substansi MASRAJA