MASRAJHA (MASKOT PATRIOT PAJAK RAHARJA)
bapenda
Penerapan
OPD
Non Digital
Inovasi pelayanan publik
Non Covid 19
Severity: Warning
Message: Undefined array key 38
Filename: beranda/detail_inovasi.php
Line Number: 20
Backtrace:
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/beranda/detail_inovasi.php
Line: 20
Function: _error_handler
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/lyt/beranda.php
Line: 50
Function: view
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/controllers/Beranda.php
Line: 108
Function: view
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/index.php
Line: 315
Function: require_once
Severity: Warning
Message: Trying to access array offset on value of type null
Filename: beranda/detail_inovasi.php
Line Number: 20
Backtrace:
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/beranda/detail_inovasi.php
Line: 20
Function: _error_handler
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/views/lyt/beranda.php
Line: 50
Function: view
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/application/controllers/Beranda.php
Line: 108
Function: view
File: /var/www/vhosts/i-litbang.majalengkakab.go.id/httpdocs/index.php
Line: 315
Function: require_once
Bapenda Majalengka sejak triwulan kesatu tahun 2022 terus melakukan upaya optimalisasi
pendapatan daerah untuk mencapai target yang telah ditentukan di awal tahun 2022. Inovasi
yang diluncurkan Bapenda Majalengka merupakan upaya untuk mempermudah masyarakat
dalam memenuhi kewajiban pajaknya.
Tingginya mobilitas manusia menuntut cepat dan tepatnya pelayanan terhadap publik.
Penggunaan teknologi bukan menjadi hal mustahil bahkan menjadi suatu keharusan.
Pengembangan dan peningkatan inovasi berbasis teknologi informasi menjadi suatu keharusan
di era Revolusi Industri 4.0 sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan
terhadap publik. Upaya peningkatan pelayanan publik dalam pengelolaan pendapatan daerah
yaitu dengan melakukan optimalisasi pencapaian penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
berbasis teknologi informasi dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi dan komunikasi
digital.
Upaya peningkatan realisasi penerimaan pendapatan untuk mewujudkan kemandirian
fiskal diperlukan strategi dan taktik yang tepat dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Penjabaran strategi dan taktik dengan meluncurkan berbagai inovasi dan gagasan baru berbasis
teknologi informasi dengan harapan proses penyebarluasan informasi dan komunikasi dapat
dilakukan secara cepat, tepat, akurat, dan efisien. Inovasi dan gagasan baru tersebut bertujuan
agar optimalisasi dan peningkatan penerimaan pendapatan tercapai maksimal sehingga dapat
segera mewujudkan cita-cita Majalengka Raharja dan menjadi kabupaten yang mandiri secara
fiskal.
MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.
MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.
MASRAJA adalah Inovasi Bapenda dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pajak daerah, kegiatan ini dilakukan disetiap event yang ada di majalengka, terutama pada tempat-tempat yang memiliki keramaian masyarakat atau pada moment tertentu, sehingga sosialisasi tentang pajak daerah dapat optimal tersampaikan kepada masyarakat luas. MASRAJA sendiri memiliki image yang humanis, dan dapat menyentuh banyak kalangan, sehingga penyampaian terkait sosialisasi pajak daerah dapat dengan mudah di terima oleh masyarakat.
tingkat kesadaran masyarakat majalengka akan meningkat, sehingga dapat berimbas langsung terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),dan secara tidak langsung dapat meningkatkan Pembangunan yang ada di Kabupaten Majalengka
06 December 2021
23 December 2021
-
-
88.00
No | Indikator Inovasi | Informasi | Bukti Dukung |
---|---|---|---|
1. | Regulasi Inovasi Daerah | SK Kepala Perangkat Daerah | SK KEPALA BADAN |
2. | Ketersediaan SDM Terhadap Inovasi Daerah | Lebih dari 30 SDM | SDM |
3. | Dukungan Anggaran | - | - |
4. | Penggunaan IT | Pelaksanaan kerja secara manual/non elektronik | PELAKSANAAN INOVASI |
5. | Bimtek Inovasi | Dalam 2 tahun terakhir pernah 2 kali bimtek | BIMTEK |
6. | Program dan kegiatan inovasi Perangkat Daerah dalam RKPD | - | - |
7. | Keterlibatan aktor inovasi | Inovasi melibatkan 4 aktor | KETERLIBATAN INOVASI DAERAH |
8. | Pelaksana Inovasi Daerah | Ada pelaksana dan ditetapkan dengan SK Kepala Perangkat Daerah | SK PELAKSANA INOVASI DAERAH |
9. | Jejaring Inovasi | Inovasi melibatkan 5 Perangkat Daerah atau lebih | SK JEJARING INOVASI |
10. | Sosialisasi Inovasi Daerah | Foto kegiatan berspanduk | SOSIALISASI INOVASI |
11. | Pedoman Teknis | Telah terdapat Pedoman teknis berupa buku manual | PEDOMAN TEKNIS |
12. | Kemudahan Informasi Layanan | Layanan Telp atau tatap muka langsung/noken | KEMUDAHAN INOFRMASI |
13. | Kemudahan Proses Inovasi Yang Dihasilkan | Hasil inovasi diperoleh dalam waktu 1 hari | SOP |
14. | Penyelesaian Layanan Pengaduan | ≥61% | PENANGGULANGAN LAYANAN PENGADUAN |
15. | Online Sistem | Ada dukungan melalui web aplikasi | KEMUDAHAN LAYANAN |
16. | Replikasi | - | - |
17. | Kecepatan Inovasi | Inovasi dapat diciptakan dalam waktu 1-4 bulan | PROPOSAL INOVASI |
18. | Kemanfaatan Inovasi | Jumlah pengguna atau penerima manfaat 201 orang keatas | KEMANFAATAN INOVASI |
19. | Monitoring dan Evaluasi Inovasi Daerah | Hasil laporan monev internal PD | LAPORAN INOVASI |
20. | Kualitas Inovasi Daerah | Memenuhi 5 unsur substansi | MASRAJA |